Personal blog of Benny Azis Prasetya, @bennyprs. Best Blog Design | Blog yang berisi tentang Film. Anime. dan hal hal yg menambah wawasan.

Jumat, 07 Desember 2018

Diagnosa kerusakan sederhana Sistem AC Mobil


A. Dasar Teori

1. Pengertian Dasar Sistem  AC (Air Conditioner)

Secara umum pengertian dari AC (Air Conditioner) suatu rangkaian mesin yang memiliki fungsi sebagai pendingin udara yang berada di sekitar mesin pendingin tersebut. Secara khusus pengertian dari AC (Air Conditioner) adalah suatu mesin yang di gunakan untuk mendinginkan udara dengan cara mensirkulasikan gas refrigerant berada di pipa yang di tekan dan di hisap oleh kompresor.
         Adapun sebab mengapa gas refrigerant di pilih sebagai bahan yang di sirkulasikan, yaitu karena bahan ini mudah menguap dan bentuknya bisa berubah-ubah, yang berbentuk cairan dan gas. Panas yang berada pada pipa kondensor berasal dari gas refrigerant yang di tekan oleh kompressor sehingga bahan tersebut menjadi panas dan pada bagian Automatic Expantion Valve pipa tempat sirkulasi gas refrigerant di perkecil,sehingga tekanannya semakin meningkat dan pada pipa evaporator menjadi dingin.

2. Bagian AC (Air Conditioner) dan Fungsinya

a.       Compressor (komfersi)
Yaitu berfungsi untuk memompa gas refrigerant.
b.      Recervoir
Yaitu berfungsi untuk manyimpan gas dari condensor sebelum di alirkan  ke compressor.
c.       Condensor (penguapan)
Berfungsi untuk tempat pembuangan temperatur panas
d.      Evaporator (pengembunan)
Berfungsi untuk tempat pembuangan temperatur dingin
e.      Filter Dryer
Berfungsi sebagai penyaring sisa-sisa kotoran gas dan oli
f.        Motor Fan Dan Blower
Motor berfungsi untuk memutar kipas fan dan blower agar terjadi nya  sirkulasi udara.

C. Prinsip Kerja Sistem AC (Air Conditioner)

Gambar. Prinsip kerja Air Conditioner (AC)

B. DIAGNOSA SEDERHANA SISTEM AC

Diagnosa kerusakan sistem AC dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:

 A. Pemeriksaan Secara Visual dan Aural

Cara pemeriksaan secara visual dan aural adalah dengan indra penglihatan, pendengaran dan penciuman.
Data-data yang dapat diperiksa antara lain :
1. Apakah sabuk/tali kipas longgar?
Jika sabuk/tali kipas longgar atau akan longgar sehingga mengakibatkan usang dan menimbulkan suara. 

2. Jumlah udara yang ditiupkan tidak mencukupi.
Periksa adanya kotoran atau sumbatan di filter udara. 

3. Suara bising dekat kompresor
Periksa pemasangan baut kom-presor dan bracket. 

4. Suara bising di dalam kompresor
Suara bising bisa disebabkan adanya kerusakan di komponen internal. 

5. Sirip kondensor penuh dengan debu dan kotoran.
Jika sirip kondensor dipenuhi debu dan kotoran, efisiensi pendinginan kondensor bisa menurun drastis. Cuci semua kotoran dan debu dari kondensor.

6. Oli mengotori penghubung atau sambungan sistem pendingin
Adanya noda oli pada sambungan atau hubungan mengindikasikan adanya kebocoran pendingin di tempat itu. Jika ditemukan noda oli, komponen harus di kencang-kan kembali atau diganti untuk mencegah kebocoran gas.

7. Suara bising di dekat blower
Putar motor blower ke LO, MED, dan HI. Jika suara tidak normal terdengar atau rotasi motor tidak tepat, ganti motor blower. Benda asing yang terjebak di blower juga mengakibatkan suara bising dan pengencangan motor yang tidak tepat mengakibatkan perputaran yang tidak tepat. Jadi, periksa hal itu sebelum mengganti motor blower.

8. Pemeriksaan kuantitas pendingin melalui sight-glass
Jika jumlah gelembung banyak terlihat lewat sight-glass, pendingin akan tidak mencukupi, jadi isi kembali sampai cukup. Bersamaan periksa juga noda oli, seperti yang digambarkan sebelumnya, untuk memastikan tidak ada kebocoran pendingin. Jika gelembung tidak bisa terlihat lewat sight-glass, bahkan pada saat kondensor didinginkan dengan mengucurkan air, masih terdapat banyak pendingin di sistem, putuskan pengisian pendingin sampai tinggal jumlah yang sesuai.

  B.  Pemeriksaan dengan Alat Bantu Pengukur Tekanan

Pemeriksaan sistem AC dapat dilakukan dengan menggukana alat bantu manometer tekanan rendah dan tekanan tinggi.Pentingnya pemeriksaan tekanan pada sistem AC, dengan memeriksa tekanan zat pendingin (refregerant) saat pengatur udara bekerja dan membuat anda bisa memeriksa daerah gangguan atau penyebabnya. Ini penting untuk menegaskan nilai kerugian yang tepat dan mendiag-nosis gangguan.Pasang manometer gauge manometer biru untuk tekanan rendah, dan menometer merah untuk tekanan tinggi, dengan penunjukan manometer kita dapat menyimpulkan gangguan yang terjadi :

 b.1. Kondisi Normal
Bila putaran mesin pendingin berjalan normal, nilai ukuran tekanan menunjukkan sebagai berikut : 
  Sisi tekanan rendah : 0.15 sampai 0.25 MPa (1.5 sampai 2.5 kgf/cm²)
  Sisi tekanan tinggi : 1.37 sampai 1.57 MPa (14 sampai 16 kgf/cm²)
 
b.2. Jumlah zat pendingin (refregerant) tidak cukup.
Seperti ditunjukkan dalam ilustrasi, bila zat pendingin (refregerant) tidak cukup, ukuran tekanan untuk kedua sisi, sisi tekanan rendah dan sisi tekanan tinggi akan menunjukkan lebih rendah dari nilai normal yang seharusnya.
 - Gejala
         Tekanan di kedua sisi menjadi rendah , yakni sisi tekanan rendah maupun tinggi.
         Gelembung bisa dilihat dari gelas periksa.
         Pendinginan tidak cukup
- Penyebab
         Volume zat pendingin (refregerant) rendah
         Gas bocor
-Cara memperbaiki
         Periksa kebocoran gas dan perbaiki.
         Isi kembali zat pendingin (refregerant)

b.3. Zat pendingin (refregerant) berlebihan atau pendinginan tidak cukup.
Bila zat pendingin (refregerant) berlebihan atau pendinginan di kondensor tidak cukup dingin, ukuran tekanan pada kedua sisi, sisi tekanan rendah maupun tinggi menjadi lebih tinggi dari nilai normal yang seharusnya.
- Gejala
         Tekanan menjadi tinggi di kedua sisi, sisi tekanan rendah maupun tinggi.
         Gelembung tidak terlihat pada kaca periksa , meski pada putaran mesin rendah.
         Pendinginan tidak cukup.
- Penyebab
         Zat pendingin (refregerant) berlebihan.
         Kondensor pendinginan lemah.
- Cara memperbaiki
         Sesuaikan volume zat pendingin (refregerant).
         Bersihkan kondensor.
         Periksa sistem pendingin kendaraan (electric fan, engine coolant dll.)

 b.4. Kelembaban dalam siklus zat pendingin (refregerant)
Bila kelembaban masuk kedalam sistem sirkulasi zat pendingin (refregerant), ukuran tekanan terlihat normal ,saat pengatur udara mulai bekerja. Setelah beberapa lama, sisi tekanan rendah secara pelan-pelan menunjukkan kevakuman. Setalah beberapa menit, ukuran tekanan pulih kembali ke tekanan normal, hal ini akan terjadi berulang-ulang. Gejala ini terjadi bila kelembaban menyebabkan refregerantmembeku dan meleleh di dekat katup ekspansi.
- Gejala
  Normal pada saat pengatur udara mulai bekerja. Setelah beberapa lama sisi tekanan rendah perlahan-lahan menunjukkan kevakuman.
- Penyebab
  Adanya kelembaban (uap air) di dalam sistem
- Cara memperbaiki
  Ganti filter/dryer.
  Ganti dengan tuntas refrigerant. Penggantian ini membuat kelembaban hilang dari sirkulasi sistem.

b.5. Kerusakan Pada Kompressor
Bila terjadi kerusakan dalam kompresor, ukuran tekanan pada sisi tekanan rendah menjadi lebih tinggi dari nilai normal. Ukuran tekanan pada sisi tekanan tinggi menjadi lebih rendah dari nilai normalnya.
- Gejala
  Sisi tekanan rendah menjadi tinggi, sisi tekanan tinggi menjadi rendah.
  Mematikan dengan segera penyejuk udara akan mengembalikan sisi tekanan tinggi dan sisi tekanan rendah pada tekanan yang sama. 
  Unit kompresor tidak panas disentuh.
  Pendinginan tidak cukup.
- Penyebab
  Kompresor rusak.
- Cara memperbaiki
  Periksa dan perbaiki kompresor

b.6. Penyumbatan di dalam siklus zat pendingin (refregerant)
Bila zat pendingin (refregerant) gagal bersirkulasi (karena ada sumbatan di jalur sistem sirkulasinya) ukuran tekanan pada sisi tekanan rendah menunjukkan kevakuman. Ukuran tekanan pada sisi tekanan tinggi menjadi lebih rendah dari nilai normal.
 - Gejala
  Pada kasus sumbatan yang total, sisi tekanan rendah seketika akan menujukkan kevakuman. ( Tidak dingin sama sekali).
  Pada keadaan ada kecenderungan tersumbat, sisi tekanan rendah perlahan-lahan    menunjukkan kevakuman tekanan. (Pendinginan tergantung derajat
   ketersumbatannya). 
  Temperatur berbeda terjadi sebelum dan sesudah wilayah tersumbat.
- Penyebab
  Debu atau kelembaban yang membeku menyumbat katup ekspansi, atau menyumbat saluran saluran yang lain sehingga menghalangi sirkulasi zat pendingin. 
- Cara memperbaiki
  Klarifikasi penyebab tersumbatnya. ganti komponen yang menyebabkan tersumbat.
 Lakukan dengan cermat pembersihan dalam jalur sirkulasi zat pendingin (refregerant).
 
 b.7. Udara dalam siklus zat pendingin (refregerant)
Bila ada udara masuk ke jalur siklus zat pendingin (refregerant), ukuran tekanan pada kedua sisi tekanan rendah maupun sisi tekanan tinggi menjadi lebih tinggi dari ukuran normalnya.
 - Gejala
  Tekanan menjadi tinggi di kedua sisi tekanan rendah maupun sisi tekanan tinggi.
  Pendinginan berkurang secara proporsional dengan penambahan tekanan pada sisi tekanan rendah.
  Bila volume refrigerant sudah pas, aliran gelembung udara di gelas periksa menjadi sama ketika dijalankan dalam keadaan normal. 
- Penyebab
         Adanya udara di dalam sistem udara.
- Cara memperbaiki
         Ganti zat pendingin (refregerant).
         Lakukan pembersihan dengan cermat pada jalur sirkulasi zat pendingin (refregerant)
 
b.8. Expansion valve terbuka berlebihan
Bila katup ekspansi terbuka terlalu lebar, ukutran tekanan pada sisi tekanan rendah menjadi lebih tinggi dari ukuran normalnya. Ini membuat pendinginan menjadi berkurang.
- Gejala
  Tekanan pada sisi tekanan rendah meningkat dan pendinginan menjadi berkurang (Tekanan pada sisi tekanan tinggi menunjukkan nyaris tidak ada perubahan). 
- Penyebab
  Ada kerusakan pada katup ekspansi. 
- Perbaikan
  Periksa dan perbaiki kondisi instalasi dari tabung heat sensing

Referensi :

      1.  Automotive Handbook, Robert Bosch Gmbh, Stuttgart. 2000

2.  Gerigk, Bruhn, Danner, Kraftfahrzeugtechnik, Westermann, Braunschweig, 1993.

3. Gerschler, Fachkunde Kraftfahrzeugtechnik, Europa Lehrmittel, Stuttgart, 1984.
4. Sumber : Moch. Saiful Rokim, ST. MT. Widyaiswara PPPPTK BOE Malang



                            

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

17 Episode Spongebob yg Jarang Tayang Di TV

SPONGEBOB SERIES YANG JARANG TAYANG DI TV 🔰 Kualitas : 480p dan 720p 🔰 Durasi : 23-25 menit 🔰 Subtitle : Indonesia 🔰 Ju...